Oleh: ningsihnh | 23 Januari 2013

Bisnis Besar Bisa Lahir dari Ide yang Se

Bisnis Besar Bisa Lahir dari Ide yang Sederhana

Dr. GIDEON HUTOMO

Hal terpenting dalam berbisnis adalah menciptakan sistem bisnis. Itulah yang dilakukan Dr Gideon Hartono (46), anak seorang penjual kue moci, kelahiran Yogyakarta 10 Oktober 1963, yang kini hidupnya berubah 180 derajad , dengan mendirikan Apotek K24 dan menciptakan sistem bisnisnya.

Sistem bisnis Apotek K24 yang diciptakannya terbukti mampu menjadi bisnis besar yang membawa perubahan pelayanan pembelian obat lewat apotek oleh masyarakat, dan terbukti berkembang sangat cepat di berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan, bisa jadi, seperti yang diharapkan, Apotek K24 tembus berdiri di berbagai kota-kota negara Asean dan Asia dalam waktu-waktu mendatang.
Banyak orang yang menyangsikan bisa terlahir sebuah bisnis dari sebuah daerah, seperti Yogyakarta, yang dapat bersaing ke kencah nasional. Bahkan internasional. Namun kenyataan membuktikan. Bisnis Apotek K24 tumbuh fenomenal, dan layak diakui sebagai salah satu bisnis dengan prospek terbaik saat ini.

Kemampuan Dr Gideon : Jeli dan Fokus
Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis dengan system bisnis yang handal dan menguntungkan selalu datang dari ibukota, Jakarta . Atau bahkan dari luar negeri. Lihatlah, bagaimana gerai makanan siap saji internasional mampu mengoyak dan memboyong devisa ke negara-negara maju, yang hanya bermodal ‘sistem bisnis’. Padahal semua bahan baku, tenaga kerja, dan pasarnya, semuanya berasal dari domestik. Di mana letak hebatnya? Kehebatan itu ternyata ada pada ‘system bisnis’ yang dibuat.
Kehadiran bisnis waralaba Apotek K24 yang didirikan Dr Gideon Hartono tak lepas dari fenomena itu. Inovasi bisnis Apotek K24, jauh melampaui standar layanan konvensional apotek biasa. Pemberian layanan nonstop 24 jam sehari, yang tidak pernah tutup meskipun hari libur, adalah prinsip-prinsip layanan yang terkait dalam bidang jasa kesehatan yang juga tidak pernah libur, merupakan cara pandang yang jeli terhadap kebutuhan pelanggan. Langkah dan upaya untuk konsistem buka 24 jam sehari, serta fokus membangun brand image secara terus menerus menghasilkan bisnis yang unik dan berbeda, sehingga mudah dikenal oleh masyarakat.
Sejak dini, Dr Gideon, pada Apotek K24, juga membangun suatu kesadaran untuk menjual produk-produk obat yang legal dan menjauhi yang palsu dengan tujuan tumbuh satu kepercayaan yang tinggi pada pelanggan. Sebagai seorang dokter, suami dari Drg Inge Santoso Sp Ort , ini memahami mekanisme dan distribusi obat-obatan, sehingga mengetahui cara mencegah agar Apotek K24 tidak ‘kemasukan’ obat palsu. Salah satu cara yang dilakukan adalah berhubungan langsung dengan distributor obat resmi yang ditunjuk oleh produsen obat-obatan.

Bisnis Besar Bisa Lahir dari Ide yang Sederhana
Kehadiran bisnis waralaba Apotek K24 dalam lima tahun terakhir di Indonesia memberikan pelajaran dua hal. Pertama, ide dan system bisnis bisa terlahir dimana saja, tidak mesti dari Jakarta.
Dari daerah ide-ide bisnis justru sangat potensial tumbuh dan bermunculan bisnis-bisnis baru yang dapat dikembangkan dengan system waralaba.
Pertama, kreatifitas bisnis dapat muncul dan dikembangkan karena adanya tuntutan pelayanan, dinamika masyarakat, serta modernisasi menajemen yang dilakukan secara professional dan tersistem dengan baik.
Apotek K24, awalnya hanyalah ide membuka apotek 24 jam nonstop agar masyarakat dapat memperoleh obat yang diperlukan kapan saja dengan harga yang sama (siang maupun malam). Kini ide bisnis yang sederhana ini telah mengilhami banyak orang untuk membuka usaha jasa yang juga buka 24 jam. Beberapa gerai makanan, Pom Bensin, supermarket, bahkan jasa laundry dan potong rambutpun sudah banyak yang buka 24 jam.
Agar leading dan terus tumbuh, Dr Gideon telah menyiapkan strategi baru untuk maju ke pasar Asia. Oleh banyak kalangan, pasar Asia dengan jumlah penduduk yang besar merupakan pasar potensial bagi bisnis apotek dan industry kesehatan lainnya.
Untuk masuk ke…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: