Oleh: ningsihnh | 2 Juni 2012

Tips Menambah Berat Badan

Kelebihan berat badan cenderung lebih banyak menimbulkan masalah kesehatan dibanding dengan kekurangan berat badan atau kurus atau underweight, oleh karena itu orang cenderung membiarkan kondisi underweightnya. Bagi sebagian orang, badan kurus mungkin mengganggu dalam hal penampilan, dan berusaha untuk menambah berat badannya. Untuk menambah berat badan, anda harus melatih fisik dan meningkatkan asupan energi dengan memilih makanan sehat, menambah porsi makan dari ukuran normal, serta makanan dan minuman ringan ekstra.

Salah satu strategi yang benyak ditempuh untuk meningkatkan berat badan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kcalories lebih banyak dalam volume kecil dan berolahraga untuk membentuk otot.

Berikut adalah lima tips yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan:

1. Makan makanan padat energi

Makanan padat energi (yang sangat dihindari pada diet penurunan berat badan) memegang kunci untuk penambahan berat badan. Pilihlah makanan dengan nilai kcalorie tertinggi dari setiap kelompok makanan, misalnya pilih susu kocok dibanding susu bebas lemak, pilih salmon bukan kakap, alpukat bukan mentimun, secangkir jus anggur bukan sebuah apel kecil, dan muffin gandum bukan roti gandum. Lemak mengandung dua kali lebih banyak kcalories per sendok teh dibanding dengan gula.

Ahli kesehatan secara rutin merekomendasikan diet rendah lemak karena lemak dapat menimbulkan masalah besar pada kesehatan anda, antara lain obesitas dan penyakit jantung. Mengkonsumsi makanan tinggi kcalorie dan makanan tinggi lemak tidak sehat bagi kebanyakan orang, tetapi mungkin penting bagi orang yang memiliki badan kurus yang ingin menambah berat badan. Orang kurus yang aktif secara fisik dan makan makanan bergizi yang memadai dapat memperoleh tambahan kcalories dari lemak.

Karena alasan kesehatan, akan lebih bijaksana jika anda memilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, bukan lemak jenuh atau lemak trans: misalnya, menumis sayuran dalam minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau minyak goreng biasa.

2. Makan adalah prioritas anda

Orang yang kekurangan berat badan perlu membuat prioritas dalam urusan makan, luangkanlah waktu anda untuk merencanakan, mempersiapkan, dan makan setiap waktu makan tiba. Anda harus makan makanan sehat setidaknya tiga kali dalam sehari dan mencoba makan lebih banyak makanan dalam 20 menit pertama anda makan. Saran lain adalah makanlah makanan pembuka dari daging atau makan duluan hidangan utamanya, baru setelah itu giliran makan sup atau salad.

3. Makan dalam porsi besar

Orang yang kekurangan berat badan perlu makan dalam porsi lebih banyak pada setiap kali makannya. Makanlah dalam piring yang lebih besar dan minumlah susu dari gelas yang lebih besar juga. Orang yang kurus mungkin terbiasa makan dalam jumlah kecil atau sedikit, jadi ketika porsi makannya bertambah, anda mungkin akan merasa tidak nyaman. Hal itu adalah normal untuk sementara waktu.

4. Makan ekstra snack

Karena asupan energi setiap harinya cenderung lebih banyak, selain perlu makan lebih banyak setiap kali makan, juga perlu makan lebih sering. Makan snack di antara waktu makan secara rutin juga dapat menambah berat badan. Misalnya, siswa perlu mengkonsumsi makanan tambahan atau snack pada saat istirahatnya, selain pola makan 3 kali per harinya.

Makan buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga merupakan cara mudah untuk menambahkan kcalories. Minum juice dan susu juga merupakan cara mudah untuk meningkatkan asupan energi. Pertimbangkan bahwa 6 cangkir jus cranberry menambahkan hampir 1000 kcalories pada asupan sehari-hari.

Bagi orang yang kurus karena sakit, makanan cair atau yang tidak keras sering direkomendasikan karena dapat ditelan dengan mudah. Dokter atau ahli gizi dapat merekomendasikan makanan tinggi protein, atau tinggi kcalorie untuk membantu orang yang kekurangan berat badan untuk meningkatkan berat badannya.

5. Berolahraga untuk membangun otot

Untuk menambah berat badan, lakukan olahraga, terutama yang menggunakan kekuatan, dan tingkatkan asupan energi untuk mendukung olahraga tersebut. Makan makanan tambahan dapat mendukung usaha anda untuk menambah berat badan. Tambahan sekitar 700-1000 kcalories setiap hari di atas kebutuhan energi normal adalah cukup untuk mendukung olahraga dan pembangunan otot anda.

http://www.smallcrab.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: