Oleh: ningsihnh | 25 Mei 2012

Makanan & Minuman Pengotor Gigi

Sering mengkonsumsi soda, teh, kopi dan anggur diketahui bisa menghilangkan putih alami gigi.

JAKARTA, Jaringnews.com – Beberapa makanan dan minuman diketahui bisa menghilangkan warna putih alami gigi Anda. Ketika warna gigi Anda mulai memudar, coba cek daftar makanan dan minuman yang menjadi favorit Anda.

Warna dalam makanan dan minuman berasal dari chromogens, molekul berpigmen yang bisa menempel pada gigi. Begitu juga dengan keasaman makanan dan minuman yang membuat mengikis gigi, sehingga gigi lembek dan chromogens mudah menempel.

Berhenti merokok dan menyikat gigi setiap hari adalah kebiasaan harus dihentikan dan tidak bisa ditawar lagi. Berikut lima makanan yang mengotori gigi Anda.

1. Teh
Teh hitam diketahui memiliki warna yang kuat. Bahkan, kemampuan teh untuk menodai gigi jauh lebih besar ketimbang kopi. Teh herbal, teh hijau, dan teh putih lebih kecil kemungkinannya mengotori gigi ketimbang teh hitam.

2. Anggur
Anda sering menenggak anggur merah? Coba perlahan-lahan hentikan kebiasaan buruk tersebut. Anggur merah adalah minuman asam yang berisi chromogens dan tanin, dan sudah lama terkenal bisa menodai gigi. Tetapi mengganti anggur merah menjadi anggur putih bukan solusi, sebab anggur putih hampir sama kemampuannya dalam mengotori gigi.

3. Soda
Minuman yang mungkin paling sering dikonsumsi, khususnya para remaja. Cola atau minuman sejenisnya sangat kaya akan asam dan chromogen. Meski berwarna terang, cola cukup asam untuk membuat gigi ternoda dan lembek. Minuman bersoda memiliki keasaman mirip dengan asam baterai. Nah lho!

4. Saus
Bagi para penggemar makanan pedas, makan tanpa saus ‘haram’ hukumnya. Namun, saus kedelai, saus tomat, saus kari, dan jenis saus lainnya ternyata bisa membuat gigi Anda ternoda. Pasalnya, semua saus botolan sudah mengalami perwarnaan yang signifikan sejak produksi dari pabrik.

5. Minuman berenergi
Gencarnya iklan minuman berenergi di berbagai media, membuat minuman yang satu ini banyak digemari. Namun, dalam penelitian terbaru ditemukan, minuman berenergi yang sangat asam bisa melunakkan email gigi.

6. Buah beri
Blueberry, blackberry, cranberry, ceri, anggur, delima, dan buah-buahan sangat berwarna lainnya (dan jus, kue, dan makanan lain dan minuman yang terbuat dari mereka) bisa menyebabkan noda.

7. Permen
Makanan pamungkas yang bisa merusak gigi adalah permen. Semua jenis makanan yang amat disukai anak-anak itu tanpa terkecuali sangat beresiko mengotori gigi. Jika lidah anda berubah warna saat memakan permen, kemungkinan besar gigi Anda akan terpengaruh.

(Kru / Kru)

http://jaringnews.com/hidup-sehat/medika/6254/daftar-makanan-minuman-pengotor-gigi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: