Oleh: ningsihnh | 18 April 2012

Tips Untuk Keberhasilan Diet Anda

Memiliki tubuh indah dengan berat badan ideal pasti menjadi keinginan setiap orang. Diet adalah salah satu cara yang efektif untuk mewujudkannya. Namun, tidak semua orang berhasil dalam berdiet. Ini karena penerapan pola diet yang kurang tepat dan minimnya kesabaran pelaku diet yang mengharap penurunan berat badan berlangsung dalam waktu singkat.


Nah, agar Anda tidak terjebak dalam perilaku diet yang kurang tepat, tips berikut ini akan membantu Anda tetap berada dalam jalur yang benar dalam penerapan pola diet Anda.

  • Jangan Tinggalkan Sarapan

Banyak pelaku diet yang meninggalkan sarapan dengan alasan memangkas kalori. Penelitian membuktikan bahwa orang yang sarapan lebih dapat mengendalikan berat badan daripada yang tidak sarapan. Sarapan penting untuk mengisi kembali glikogen otot, glukosa darah, dan insulin yang menurun setelah semalam berpuasa.

 

  • Kurangi Konsumsi Gula

Rajin-rajinlah membaca label kemasan makanan, karena banyak makanan di sekitar Anda yang mengandung gula olahan. Gula ini akan dicerna sangat cepat dan dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah tubuh. Gula yang tidak terpakai dapat menimbulkan timbunan lemak baru dalam tubuh.

 

  • Makan Lebih Sering

Penelitian juga menyebutkan bahwa mereka yang makan dalam porsi kecil 5-6 kali memiliki kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan 2-3 kali perhari. Pola makan 5-6 kali sehari ini berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah lapar berlebihan yang dapat memicu porsi makan besar. Pola makan rendah karbohidrat dan tinggi protein adalah pola makan yang dianjurkan.

 

  • Perbanyak Makan Sayur dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan kaya akan serat yang berguna untuk membantu melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, dan membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, sayuran dan buah-buahan dilengkapi dengan vitamin dan mineral penting yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

  • Tetap Terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan cara terbaik untuk mencapai keberhasilan dalam diet Anda. Orang yang banyak minum air terbukti lebih jarang merasakan lapar berlebihan. Air putih menjadi solusi yang paling ideal untuk mencegah lapar. Saat lapar, jangan langsung memenuhi mulut dengan makanan. Cobalah minum segelas air putih terlebih dahulu. Jika perut terasa kenyang, itu berarti Anda hanya haus atau dehidrasi, bukan lapar.

 

  • Jangan Tinggalkan Latihan

Jika ingin berhasil dalam diet, jangan pernah tinggalkan latihan. Latihan sama pentingnya dengan mengatur pola makan. Jadwalkan latihan setidaknya 3-5 kali seminggu, dengan menggabungkan latihan beban dan latihan kardio.

Diet adalah sebuah proses yang membutuhkan komitmen dan kesabaran yang tinggi sebelum Anda mendapatkan hasilnya. Agar tidak berhenti di tengah jalan, buatlah setiap proses yang Anda jalankan menjadi hal yang menyenangkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: