Oleh: ningsihnh | 29 Maret 2012

TEKNIK MENULIS ARTIKEL

Pengertian Artikel

Artikel adalah suatu karangan non-fiksi yang memuat fakta atau data serta ditulis apa adanya. Umumnya artikel berisi tentang analisa terhadap fenomena alam dan sosial, ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan apa, siapa, dimana, bagaimana kapan dan mengapa.

Karena merupakan karya non fiksi maka teknik menulis artikel harus lugas, apa adanya serta tidak diberi bumbu-bumbu atau efek-efek sensasi lain yang membuat sebuah karangan tersebut terkesan wah.

Mengapa Menulis Artikel?

Teknik menulis artikel adalah suatu hal yang bisa dipelajari. Namun hal tersebut bukanlah faktor yang paling mendasar yang membuat seseorang mampu menulis artikel. Karena faktor utama yang membuat seseorang terdorong untuk menulis adalah alasan yang kuat mengapa ia menulis?

Oleh karena itu Hernowo Hasyim seorang penulis buku best seller dan motivator menulis, selalu menekankah bahwa seorang calon penulis harus menemukan AMBAK (Apa Manfaatnya BAgiKu) sebanyak mungkin sebelum ia memulai suatu pekerjaan termasuk menulis.

Semua itu bertujuan agar keinginan yang kuat untuk melakukan aktivitas tersebut benar-benar tumbuh dalam diri Anda.
Setiap orang pasti memiliki alasan sendiri-sendiri mengapa ia tergerak untuk menulis artikel. Namun secara umum ada 3 alasan mendasar mengapa menulis artikel;

  1. Alasan DakwahArtikel adalah sarana efektif untuk menyebarkan ilmu dan pemikiran kita kepada orang lain. Jika kita yakin ilmu dan pemikiran yang kita miliki baik dan mampu memberi pencerahan kepada ummat mengapa tidak kita sampaikan dalam bentuk artikel?

    Karena gagasan yang disampaikan dalam bentuk tulisan mampu menembus khalayak yang lebih luas dan bertahan dalam waktu yang lama. Ilmu yang disampaikan dalam bentuk tulisan juga lebih mampu dicerna karena ia bisa dibaca berulang-ulang.

  2. Alasan IntelektualMenulis di media masa adalah aktivitas terhormat bagi peneliti, dosen, ilmuan praktisi ataupun mahasiswa. Kegiatan ini juga merupakan pengakuan intelegtual atas kepakaran mereka pada bidang keilmuan masing-masing secara tertulis.
  3. Alasan MateriTidak dapat dipungkiri menulis artikel juga memberikan kompensasi materi. Menulis artikel juga bisa menghasilkan uang. Setiap artikel yang dimuat dimedia masa biasanya akan mendapatkan honorarium.

    Menulis artikel marketing untuk blog pribadi juga berpotensi menghasilkan uang dari iklan dan link affiliate yang kita pajang. Demikian juga dengan menulis artikel SEO untuk website tertentu. Semua tulisan tersebut berpotensi menghasilkan uang, kecuali artikel yang dibiarkan tidur manis dalam hard disk atau buku harian.

Mulai saat ini temukan alasan apa yang membuat Anda tertarik menulis artikel? Jika alasan kuat itu sudah dimiliki maka selanjutnya pelajari teknis menulis artikel yang baik. Pelajari dasar-dasarnya saja, selanjutnya usaha dan kesungguhanlah yang akan menjawab apakah anda bisa atau tidak menulis artikel?

Langkah Teknis Menulis Artikel

Pada dasarnya ada 5 teknik menulis artikel yang penting diketahui oleh calon penulis artikel, yaitu:

  • Menemukan ideLangkah awal untuk menulis artikel yang cantik adalah menemukan ide atau topik yang akan diangkat dalam sebuah tulisan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ide yang menarik dan faktual.

    Namun inti dari semua cara itu adalah membuka mata dan telinga lebar-lebar untuk mengetahui isu yang berkembang di masyarakat dan lingkungan. Karena di sana bertebaran ide-ide faktual untuk diangkat sebagai bahan dasar penyusunan artikel.

  • Mencari referensiReferensi bermanfaat sebagai sumber data yang akan membuat artikel kita semakin ‘kaya’. Sumber referensi tersebut sangat banyak, misalnya situs-situs resmi di internet, jurnal, buku, koran, majalah, wawancara dan lain sebagainya.
  • Membuat outlineOut line atau kerangka karangan berfungsi sebagai alat bantu untuk mempermudah kegiatan menulis.
  • MenulisMenulis adalah kegiatan inti dalam penyusunan artikel. Menulis ya menulis. Mulai lah menulis dari bagian mana pun yang dianggap mudah.
  • EditingSelesai menulis bukan berarti proses penyusunan artikel selesai. Kegiatan selanjutnya adalah membaca ulang keseluruhan artikel, kemudian memangkas bagian yang tidak penting, menambah bagian yang kurang dan memperbaiki bagian yang masih acak-acakan. Kegiatan ini dinamakan dengan editing.

Hanya diperlukan lima langkah dasar teknik menulis artikel. Langkah yang terpenting adalah tindakan menulis. Menulis dan terus menulis, maka masalah teknis menulis menjadi tidak penting lagi karena Anda sudah memiliki teknik sendiri yang sudah terprogram secara otomatis dalam alam bawah sadar Anda. Yuk menulis!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: