Oleh: ningsihnh | 3 April 2012

Tips: Cara Tepat Simpan Bahan Segar & Kering

Anda tak perlu panik jelang hari raya, liburan atau acara khusus lainnya, berkaitan dengan penyimpanan bahan makanan segar di rumah. Cermati sifat bahan yang hendak Anda simpan dan ikuti trik dan tips berikut!
Anda perlu mencermati sifat bahan makanan yang hendak Anda simpan. Dari sini Anda akan tahu cara tepat memperlakukan dan menyimpannya. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat waktu dengan menyimpan bahan makanan segar di kulkas beberapa waktu sebelum

Bahan makanan segar. Ikan dan ayam bisa Anda simpan di dalam kotak bertutup dan cantumkan tanggal penyimpanan, setelah Anda dibersihkan. Demikian pula daging. Agar terjaga kesegarannya masukkan di freezer. Lebih tahan lama lagi, apabila ayam dan daging diungkep, dimasak setengah matang. Bisa diberi jahe dan bawang putih agar beraroma sedap.

Sediakan pojok khusus bahan makanan anak, misalnya rak pertama. Apalagi jika Anda memiliki stok ASI, simpan di wadah khusus yang tertutup di rak tersebut. Sebaiknya tidak menyimpan makanan sisa si kecil lebih dari 1 hari dalam kulkas.

Cek isi kulkas setiap hari, paling tidak saat Anda sedang membereskan belanjaan bahan makanan sebelum disimpan di lemari pendingin maupun freezer. Kemasan bahan makanan yang telah dibuka, sebaiknya diikat dengan penjepit yang mencantumkan tanggal dan bulan dibuka (biasanya produk keluaran Jepang) atau masukkan wadah tersendiri dan beri label agar tak terkontaminasi bakteri yang terbawa telur, atau bahan makanan mentah lainnya.

Bahan makanan kering. Simpan bahan makanan kering dalam lemari sendiri beri label jika telah dibuka untuk mencantumkan tanggal dibuka. Sebaiknya, masukkan ke dalam wadah bertutup yang kedap udara agar lebih tahan lama. Cek juga kadaluarsa dan kondisi bahan makanan kering 1 – 2 minggu sekali.

Jangan lupa: Bersihkan atau Olah Sebelum Disimpan!
- Ati-Ampela ayam atau jeroan sapi (cuci, sisihkan lemak, rebus)
- Daging sapi atau ayam cincang (oseng)
- Daging ayam (cuci, sisihkan lemak, ungkep)
- Daging sapi/kambing (cuci, sisihkan lemak, rebus)
- Ikan dan seafood (cuci, bersihkan, beri jeruk)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: